5 Hal Yang Harus Anda Lakukan Untuk Keberhasilan Fotografi Bunga

5 Hal Yang Perlu Diakukan Untuk Keberhasilan Fotografi Bunga

5 Hal Yang Perlu Diakukan Untuk Keberhasilan Fotografi Bunga – Apakah Anda seorang fotografer tekstur atau bukan, fotografi bunga menjadi subjek makro yang bagus. Banyak ahli dan profesional menggunakan bunga sebagai fokus produk mereka karena keragaman dan teksturnya secara keseluruhan. Inilah alasan mengapa fotografi tekstur sebagian besar mencoba-coba bunga dan tanaman.

5 Hal Yang Perlu Diakukan Untuk Keberhasilan Fotografi Bunga

Jika Anda ingin memperluas keterampilan dan pengetahuan Anda dalam aspek ini, Anda mungkin ingin mempelajari cara menangkapnya dengan cara yang benar. Ini sangat membantu, terutama jika Anda menjelajahi fotografi tekstur, dan ingin memperluas jangkauan portofolio Anda untuk hasil yang tampak lebih baik.

Berikut adalah lima tip untuk tugas fotografi bunga makro yang sukses. Anda bahkan dapat menganggap ini sebagai tip fotografi perjalanan yang efektif, mengingat perjalanan menawarkan banyak bunga dan subjek kaya tekstur lainnya.

Gunakan Pencahayaan Lembut Untuk Fotografi Bunga Makro

Saat menggunakan bunga sebagai subjek fotografi makro Anda di ceruk tekstur, Anda mungkin ingin menghindari sinar matahari langsung. Setiap ahli dan pro tahu bahwa ini adalah jenis cahaya terburuk untuk digunakan di ceruk ini.

Alasannya adalah sinar matahari langsung sangat keras, dan itu menciptakan warna pudar serta bayangan yang kuat. Dengan faktor-faktor ini, mereka memotong garis kelopak bunga apa pun yang dikenakan.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pencahayaan lembut saat mengambil gambar bunga. Jenis cahaya ini membantu melestarikan warna alami, serta tekstur, kelopak, memungkinkan fotografer untuk menangkap keindahan dan esensi bunga yang sebenarnya. Anda mungkin juga ingin menjadwalkan tugas selama hari mendung, karena pencahayaannya lembut dan merata.

Gunakan Flash untuk Detail Kecil

Ketika bertujuan untuk mendapatkan semua detail sekecil mungkin, lensa makro dengan rasio 1:1 adalah alat yang ampuh, terutama untuk bidikan close-up. Namun, terlepas dari jenis lensa ini, lampu kilat eksternal juga dapat menyelesaikan tugasnya, dan sama efektifnya.

Para ahli dan profesional merekomendasikan untuk mengurangi output flash ke -1,75 dalam mode TTL. Ini sudah akan menerangi semua detail, tidak peduli seberapa halus atau kecilnya mereka. Anda juga dapat mengurangi lebih banyak intensitas lampu kilat saat Anda membutuhkan lebih sedikit cahaya.

Kadang-kadang ketika Anda menginginkan lebih banyak kedalaman bidang, karena Anda bermaksud untuk menjaga agar seluruh bidikan tetap tajam pada produk akhir, ini mungkin cukup bermasalah. Namun, Anda masih dapat mengatur untuk melakukan tugas bahkan dengan flash.

Alih-alih memanfaatkan kedalaman bidang yang dangkal, kurangi intensitas lampu kilat untuk mengekspos subjek makro. Posisikan diri Anda antara enam hingga 12 inci dari bunga.

Gunakan Matahari untuk Menerangi Bunga Anda

Teknik hebat lainnya saat mengambil bidikan bunga adalah dengan menggunakan lampu latar. Seperti yang terjadi, cahaya latar, bila digunakan dengan benar, menciptakan gambar yang akan membantu bunga tampak seolah-olah bersinar.

Untuk melakukan ini dengan benar, Anda mungkin ingin berdiri dengan matahari tepat di depan Anda, dan menyinari bunga yang dikenakan dari belakang. Ini adalah sudut terbaik untuk mendapatkan pencahayaan latar yang benar dan tepat.

Selain itu, ada sudut tertentu yang membuat daun menjadi tembus pandang atau tembus pandang. Anda perlu bereksperimen dengan sudut mana matahari akan menyinari daun untuk membuat gambar ini. Tapi, waktu terbaik dalam sehari biasanya pada sore hari, sebelum matahari terbenam.

Pertajam Fokus Anda

Foto Anda harus setajam mungkin, terutama jika Anda ingin memiliki produk akhir yang menampilkan segala macam detail subjek. Ingatlah bahwa Anda tidak akan mendapatkan tampilan tekstur maksimal, yang sangat penting dalam ceruk tekstur dan fotografi makro, saat Anda mengambil subjek dengan gambar buram. Alasannya adalah bahwa detailnya tidak akan ditampilkan dengan baik dalam jenis proses ini.

Jadi, untuk mendapatkan fokus tajam yang Anda butuhkan, ambil bidikan Anda saat kamera tidak bergerak. Anda mungkin ingin menggunakan kecepatan rana yang jauh lebih lambat, juga, selama pemotretan. Perlu dicatat bahwa gerakan sekecil apa pun, seperti tangan Anda yang menekan rana, dapat memengaruhi gambar dan dapat menyebabkan distorsi.

Coba Sudut Lain untuk Perspektif Berbeda

Setiap fotografer hebat tahu bahwa sudut dan perspektif itu penting. Tidak peduli apa, siapa, atau di mana subjeknya, memiliki sudut pandang yang berbeda untuk mengambil bidikan adalah penting.

Jika Anda masih belajar, salah satu tip yang bagus adalah tidak hanya berdiri di depan bunga yang indah dan mengambil bidikan. Sebagai gantinya, cobalah untuk mengambil bidikan dari berbagai sudut untuk memberi Anda perspektif berbeda dari bunga yang dibidik.

5 Hal Yang Perlu Diakukan Untuk Keberhasilan Fotografi Bunga

Anda bahkan dapat memanjat pohon atau berbaring di tanah untuk memotret subjek. Anda harus bereksperimen dengan semua sudut yang memungkinkan, serta teknik fotografi bunga, untuk menangkap berbagai tekstur dan ketajaman.

Yang Perlu di Garis bawah

Secara keseluruhan, belajar mengambil bidikan bunga berkualitas bisa jadi sangat menantang bagi sebagian orang. Namun, dengan alat, teknik, dan kiat yang tepat, Anda dapat dengan mudah menemukan cara untuk mendapatkan bidikan bunga terbaik. Selain itu, akan selalu membutuhkan banyak latihan dan eksperimen, jadi, setelah membaca ini, segera terapkan hal-hal ini dan mulai dari sana.

Share