Kertas yang Terbaik untuk Cetakan Foto

Kertas yang Terbaik untuk Cetakan Foto

Kertas yang Terbaik untuk Cetakan Foto – Ini adalah pertanyaan yang membingungkan kebanyakan orang pada tahap pencetakan foto – haruskah saya memilih hasil akhir yang mengkilap atau matte?

Motivasi di balik pilihan akhir Anda mungkin didasarkan pada preferensi artistik atau harga. Dalam posting ini, kita akan membahas perbedaan antara hasil akhir matte dan gloss dan kapan Anda harus memilih untuk menggunakannya.

Kertas yang Terbaik untuk Cetakan Foto

Finishing

Foto Mengkilap Foto yang dicetak dengan hasil akhir mengkilap memiliki kilau alami. Mereka dirancang untuk memantulkan cahaya sebanyak mungkin.

Kilauan ditambahkan sebagai lapisan ekstra, untuk secara khusus menambahkan kilau ke foto. Salah satu pembeda terbesar antara foto matte dan foto glossy adalah lapisan kilau ekstra ini – jadi foto glossy sebenarnya adalah foto matte dengan lapisan kilau tambahan!

Penambahan gloss tampaknya memiliki efek positif pada warna gambar. Warna foto glossy tampak lebih dalam dan hidup.

Gloss tampaknya juga menambahkan definisi pada batas gambar, sehingga gambar tampak lebih cerah dan lebih jelas. Gambar glossy datang dalam dua tingkat intensitas utama yakni High Gloss dan Semi-Gloss.

Opsi high gloss akan menghasilkan kilau setinggi mungkin; kategori semi-gloss berada di antara hasil akhir yang mengkilap dan hasil akhir yang tidak mengkilap (matte).

Meskipun tidak sekuat hasil akhir yang mengkilap, foto semi-mengkilap memang membuat warna foto menonjol, tetapi dengan manfaat pantulan cahaya yang lebih sedikit.

Kapan Menggunakan Finishing Foto Glossy

Karena kertas glossy membuat warna gambar lebih hidup, opsi pelapisan ini bekerja paling baik untuk cetakan foto berwarna.

Kilauan pada cetakan mengkilap juga menambahkan elemen kontemporer pada foto Anda sehingga hasil akhir ini tidak disarankan untuk fotografi gaya vintage, seperti gambar yang dicetak dalam warna hitam putih atau sepia.

Jadi, jika Anda menginginkan penekanan pada warna foto Anda (seperti foto Natal keluarga dengan jumper Natal yang jelek), hasil akhir foto yang mengkilap adalah pilihan tepat yang benar-benar akan membuat semua warna menonjol.

Jika Anda mencetak foto definisi tinggi, hasil akhir yang mengkilap akan memberikan hasil cetakan Anda efek tajam dan jelas yang Anda cari.

Kelemahan Hasil Foto Glossy

Kilauan pada kertas glossy dapat menjadi masalah, terutama jika foto Anda dicetak dalam ukuran yang sangat besar.

Semakin besar ukuran foto, semakin besar pantulan cahayanya. Hal ini akan mengakibatkan pengamat harus memposisikan ulang sudut pandangnya agar dapat meresapi keindahan gambar tanpa gangguan titik silau.

Jika Anda ingin menampilkan cetakan foto Anda di balik bingkai kaca, hasil akhir yang mengkilap akan sangat bermasalah.

Permukaan kaca bingkai foto sudah sangat rentan terhadap pantulan cahaya, untuk menempatkan foto akhir foto yang mengkilap di belakang kaca adalah dengan menambahkan lapisan refleksi lain yang akan membuat gambar sangat sulit untuk diapresiasi.

Jadi, kecuali pengamat yang Anda tuju akan mengenakan kacamata polaroid, untuk aplikasi bingkai foto, sebaiknya gunakan lapisan akhir yang kurang mengkilap seperti semi-gloss atau matte.

Selain menyebabkan pantulan tingkat tinggi di balik kaca, foto glossy akan menempel pada kaca karena permukaannya yang lengket secara alami.

Ini adalah masalah besar jika Anda memutuskan untuk mengubah bingkai foto – mengupas foto yang macet dapat merobeknya.

Kelemahan lain dari foto glossy adalah kerentanannya yang tinggi untuk tergores. Permukaan halus menawarkan sedikit atau tidak ada perlindungan terhadap goresan kuku yang tidak disengaja atau goresan yang disebabkan oleh elemen logam seperti kunci atau cincin.

Selain goresan, sidik jari juga merupakan musuh besar foto glossy. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa foto glossy terasa lebih ‘lengket’, efek lengket ini berarti sidik jari Anda tertanam ke permukaan setiap kali Anda menyentuhnya.

Hasil Foto Matte

Jika Anda ingin meminimalkan kilau foto sebanyak mungkin, hasil akhir foto matte adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Karena foto hasil akhir matte meminimalkan pantulan cahaya, foto tersebut dapat ditampilkan di area yang sangat terang seperti dinding ruang tamu atau dekat lampu lantai.

Pemantulan cahaya yang kurang intens dari hasil akhir foto matte disebabkan oleh kombinasi efek refraksi dan hamburan cahaya dari lapisan matte.

Ketika cahaya dipantulkan, itu dipantulkan dari permukaan dan diarahkan. Ketika cahaya dibiaskan, ia diserap dan dihamburkan oleh lapisan permukaan.

Ketika cahaya mengenai permukaan matte, cahaya itu tersebar ke arah yang berbeda sebagai akibat dari permukaannya yang tidak rata.

Permukaan yang tidak rata ini adalah sifat material yang disengaja yang disebabkan oleh banyak lekukan kecil pada permukaan lapisan matte.

Selain menghamburkan cahaya, lapisan matte menyerap lebih banyak cahaya (membiaskannya) sehingga gambar foto lebih mudah diapresiasi dalam kondisi cahaya tinggi.

Kapan Menggunakan Hasil Foto Matte

Jika Anda berencana untuk menampilkan cetakan foto Anda di balik kaca, hasil akhir matte jelas merupakan pilihan terbaik.

Tidak hanya foto matte tidak akan menempel pada kaca bingkai foto, tetapi juga akan memantulkan lebih sedikit cahaya, membuatnya jauh lebih menyenangkan untuk dilihat.

Foto matte bekerja dengan baik pada aplikasi kaca apa pun, tidak hanya dalam bingkai foto. Jika Anda menempelkan foto ke partisi kaca di kantor Anda, foto jadi matte dapat dengan mudah dihapus tanpa kerusakan.

Jika foto Anda akan sering ditangani, hasil akhir matte akan menjadi pilihan yang lebih baik karena tidak akan menyerap sidik jari pengguna.

Kelemahan Hasil Foto Matte

Karena hasil akhir matte dirancang untuk membiaskan cahaya sebanyak mungkin, hal ini mengakibatkan warna tidak tampak semarak seperti pada foto glossy.

Jadi hasil akhir foto matte tidak menawarkan rentang warna yang luas seperti hasil akhir foto glossy.

Hasil akhir foto matte juga meminimalkan ketajaman foto, jadi jika Anda mencetak gambar dengan penekanan yang sangat tinggi pada kejelasan (seperti foto definisi tinggi), hasil akhir matte mungkin bukan pilihan yang tepat.

Kertas yang Terbaik untuk Cetakan Foto

Kesimpulan

Pilihan hasil akhir foto Anda tergantung pada aplikasi foto yang dicetak dan efek yang Anda cari. Foto yang ditampilkan dalam bingkai kaca harus dicetak dengan lapisan matte agar tidak menempel pada permukaan kaca dan memantulkan terlalu banyak cahaya.

Jika Anda ingin memberikan penekanan besar pada warna-warna cerah dari foto Anda dan definisi yang tajam, hasil akhir foto yang mengkilap akan menjadi pilihan yang jauh lebih baik.

Share